Penjelasan Masalah Not Eligible Pada Pembelian Apikasi Android

Beberapa minggu ini saya sempat dibikin kesal dengan layanan berlangganan (subscribe) di android.
mau bayar aja kok susah, mincul keterangan Not Eligible.

KRONOLOGI
Rencananya saya mau berlangganan custom PIN BBM untuk bisnis saya gan, keika coba berlangganan disana tertulis biaya langganan 12.000 per bulan. Ketika saya mau coba bayar, muncul keterangan Not Eligible. Ini kenapa ya ?.. saya cari-cari solusinya di DuMay kok gak nemu2..

Saya pikir mungkin masalahnya di mata uang, karena saldo playstore saya tersisa $3.67 dalam mata uang dollar. Saya berfikir apa perlu isi saldo rupiah ?.. karena biaya berlangganan Custom PIN tertera dalam jumlah rupiah. Saya pun bergegas ke Indomaret beli voucher playstore seharga 150.000. 150000 itu udah yang paling murah gan. Setelah voucher berasil terisi di playstore, dengan penuh harapan dan mata berbinar-binar saya pun mencoba kembali untuk berlangganan Custom PIN BBM.

Tiba2 langit terasa gelap gan... melihat teks merah Not eligible iu masih mejeng di layar HP ane,, :'(

 
Yang bener aja.. Huhuhu....
Apa 150.000 ane bakal sia-sia belaka nggak ada gunanya ?...
 
Dengan perasaan kesal campur penasaran, saya pun nelpon CS nya Google Indonesia di 02129703955 untuk menanyakan perihal masalah ini.
 
PENJELASAN 'NOT ELIGIBLE' Oleh CS Google ID
Setelah panjang lebar ngobrol sama mbak-mbak nya yang ramah banget, si mbak nya pun menjelaskan kalau :
Saldo Playstore hanya bisa digunakan untuk membeli aplikasi.
Saldo playstore tidak bisa digunakan untuk berlangganan (subscribe)
Jadi ternyata gak ada masalah dalam pembelian mau pake mata uang apapun, karena akan otomatis dikonversi sesuai kurs negara masing-masing. Ternyata masalahnya ada di layanan berlangganannya. Jadi kalau agan2 mau beli aplikasi, silahkan pake saldo Google Play. Tapi kalau berlangganan, kayak Berlangganan Custom Pin BBM, berlangganan Smule bulanan/tahunan, atau berlangganan konte apapun pada aplikasi tertentu gak akan bisa.

Semoga membantu ya..
jadi gak penasaran lagi kenapa muncul2 Not Eligible itu.. :)

Subscribe for latest Apps and Games


6 comments:

  1. masalah yg sama kyk ane alamin gan,, emang fucking shit deh nih google,, kalo tau gak bisa paake redeem kode kenapa pas di bbm subscribe ada pilihan untuk masukin kode ya,, kalo gini kan jadi repot, udah 150rb mubadzir, tetep gak bisa dipake langganan bbm, gak bisa di cairkan lagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bner gan.. itu juga yg ane Masi bertanya²..

      Harusnya kalo emang g bisa, ya mestinya g ud pake muncul menu2 yg g penting ya kan..

      Hapus
  2. Gan.. saya beli aplikasi di playstore pake Pulsa Telkomsel. muncul nya gituan terus.. saya harus apa?

    BalasHapus
  3. Gan.. saya beli aplikasi di playstore pake Pulsa Telkomsel. muncul nya gituan terus.. saya harus apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin agan menyetel alamat rumah di luar negeri,sehingga mata uangnya dollar.

      Sedangkan telkomsel mata uangnya rupiah.

      Bakalan gak cocok kalau begitu...

      Hapus
  4. Bisa gan, coba lanjutin aja next terus pilih bilingnya, itu not eiligible karena awalnya mata uang dollar.. nanti dilanjutin jadi keubah ke mata uang rupiah dan akhirnya bisa. Saya begitu juga kok not eligible dan bisa.

    Semoga membantu agan.

    BalasHapus