Ini Sedikit Pengalaman Pahit Saya Belanja Di Lazada Gan

Sebelumnya saya ingin mengingatkan kalau tulisan saya ini tidak sedikitpun berniat untuk mempengaruhi anda untuk berhenti belanja di lazada, apalagi menjelek-jelekkan pihak Lazada & pihak terkait. Ini hanya sharing saya yang ingin saya bagikan ke agan2 & sista2 semua yang hobi belanja di lazada, terutama belanja elektronik.

Kebetulan laptop lenovo yang hidup bersama saya sejak 2008 itu sudah mengalami banyak kendala serius, apalagi sejak layarnya burem di sebelah kiri. Karena memang pekerjaan menuntut saya untuk memiliki laptop yang cukup baik, akhirnya saya memutuskan untuk membeli laptop baru, & alhamdulillah minggu lalu tabungan saya cukup untuk nenteng laptop baru.

KRONOLOGI
Singkat cerita, terbeli-lah Laptop lenovo thinkshop seharga 4.449.000 di lazada.co.id. Tanpa pikir panjang, saya langsung Install windows, upgrade memori menjadi 4GB, & menginstall seluruh software2 yg saya butuhkan.

Tapi di hari ke-3 pemakaian, tombol klik kiri touchpad nya rusak. Nah, yang saya baca di Lazada.co.id mereka menjamin 14 hari pengembalian barang jika bermasalah. Kemudian saya menghubungi CS lazada & menyuruh saya untuk mengembalikan unit tersebut untuk melakukan pengecekan. Tapi setelah dilakukan pengecekan hasilnya apa ?... mereka tidak mau mengganti barang tersebut & langsung mengirimkan kembali laptopnya tanpa ada sedikitpun konfirmasi kerusakannya apa kepada saya. Tiba2 tuh laptop udah nyampek aja balik lagi ke rumah.

Di dalam paket pengembalian tertulis surat yang kira2 isinya begini : 
"Maaf, produk yang sudah diupgrade (upgrade windows & memory) tidak bisa ditukar/dikembalikan. Harusnya bapak mengembalikan sebelum melakukan upgrade. Dan barang harusnya dikembalikan dalam keadaan utuh seperti saat membeli."
Yang saya tidak habis pikir,
  1. Bagaimana bisa kita ngetes tuh laptop kalau install windows saja tidak boleh. apa yang mau di tes ?.. sedangkan OS nya tidak ada. Sedangkan barang dijual dalam keadaan windowsnya kosong. Ini benar-benar sangat tidak masuk akal saya.
  2. Mereka mempermasalahkan upgrade memori. padahal saya sebagai pembeli harusnya menerima barang yang 100% bagus tanpa masalah. namanya juga barang baru. bener nggak gan ?..
  3. Mereka mengatakan harusnya barang dikembalikan dalam keadaan utuh. Dan yang ingin saya tanyakan apanya yang kurang ?.. apakah ada aksesoris yang kurang ?.. atau ada plastik2 yang kurang ?.. atau tu laptop ada komponen yang hilang ?.. Enggak kan ?.. Saya 100% kirim balik semua unit.
Setelah saya ber-balas-balasan semua Email keluhan ke CS lazada, & nelpon interlokal ke lazada sampe ngabisin pulsa hampir 100rb, mereka tetap tidak bisa memberikan solusi & tidak mengerti rasanya seperti apa "Bayar Penuh, tapi dapet barang rusak" !.

Akhirnya dengan keadaan sedikit kecewa dengan pelayanan yang diberikan, saya pun membawa ke service center lenovo terdekat untuk dibenerin langsung.


TIPS Buat Agan2/Sista2 yg niat beli eektronik di Lazada
  1. Usahakan semaksimal mungkin beli ke toko terdekat gan. JANGAN MALES UNTUK JALAN KE TOKO !.. Jangan pernah tergiur sama harga lebih murah di web, kecuali punya selisih harga sampai diatas 500rb. Kalau masih dibawah 500rb, mending beli langsung ke toko.

    Dulu saya cek ke toko laptop tsb harganya 4.800.000
    Di lazada 4.449.000.

    Dan pada akhirnya di lazada 4.449.000 + ongkir 165.000 + ongkir kirim balik karena rusak 150.000
    Dihitung2 sama doank. mending beli langsung ke toko, LEBIH AMAN & LEBIH PUAS karena bisa dites dulu sebelum beli, & kalau ada apa2 bisa balik langsung ke toko tsb.

    Malah setelah saya cari tahu, ternyata barang tersebut milik Janur Tech mangga dua yang ternyata punya cabang juga di Medan dengan harga 4.300.000. Nyesel banget kmarin nggak searching dulu..!!!
  2. Jika terlanjur beli di lazada, cek seluruh body. Apabila ada saja sedikit ketidak-puasan anda, langsung balikin. jangan takut, ongkir balik ditanggung lazada jika barang yang dikembalikan masih benar2 baru. Bila perlu minta kembali uang saja.
  3. Jangan pernah rusak segel apapun yang menempel di laptop sebelum 2 minggu berakhir. Belajar dari pengalaman saya, saat upgrade memori yang harus membuka segel casing bawah. WALAUPUN yang membuka orang Lenovo Service Center Resmi nya langsung lo..
    Ini akan menjadi alasan si Lazada untuk menolak barang rusak mereka yang anda kembalikan.
REVIEW NYA
Belanja di lazada memang bukan penipuan dan punya pelayanan yang cukup memuaskan. Tapi agan2 HARUS WASPADA DENGAN MERCHANT NYA. Karena Lazada tidak hanya menjual barang mereka, tapi menyediakan ruang bagi pedagang lain untuk berjualan di Lazada.

Contohnya barang saya nih gan, bukan milik lazada, tapi dijual & dikirim langsung oleh "depot notebook". begitu saya terima, bukan lagi depot notebook tapi "janurtech". Artinya sudah oper2an barang kesana kemari. Bisa saja kan merchant tsb ngirim barang yg asal-asalan ke kita konsumen. Walaupun tidak semua merchant berperilaku sama.

Perhatikan merchant nya sebelum membeli

Saran saya 1 aja sih, Jangan terburu2 belanja online. Lebih baik cari2 dulu di google siapa tau ada reverensi tempat belanja di daerah kamu yang tokonya bisa kamu datangi langsung. Bisa jadi dapet harga lebih murah kan ?.. karena tanpa ongkir dan lebih puas tentunya, karena bisa di tes dahulu sebelum dibayar.

Subscribe for latest Apps and Games


125 comments:

  1. saya baru aja mengalami hal yang sama gan, saya baru saja beli iphone 4s seharga 2,8 . begitu sampai dirumah barangnya rusak tidak bisa di pakai dan tidak bisa untuk menelpon

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. berhati-hati gan...
      berhubung barang yang dijual di lazada kebanyakan dari toko-toko gak jelas.
      lebih baik teliti sebelum membeli.

      Hapus
    2. Selamat deh gan gw, padahal baru saja saya mau order hp di lazada, begitu baca post2 agan2 disini saja jadi takut mau beli di lazada, terima kasih atas informasinya

      Hapus
    3. Kampret emang nih lazada gw pesen smartphone, pas dateng malah g bisa beroprasi sama sekali. Taik emang gw gak bakal lagi ke yang namanya lazada.

      Hapus
    4. Haha ini spertinya penjualan barang rusak.. Yg lalu adek gw pesan smartwatch tpi setelah dicas dan mau dinyalakan langsung matot alias g bsa nyala... "HATI-HATI"

      Hapus
    5. sama gan ane baru aja nerima hp alcatel flash 2,,tpi pas ane terima malah hp nya ga berfungsi/rusak,,nih ane lagi proses pengembalian barng,,nyesel beli di lazada online

      Hapus
    6. setau sy klo sdh di upgrade memory ya mmg pstx di tolak ko'itu nsdh aturan dmn2 knp krn sdh tak sesuai lg dari awal barang itu di di kirim.apalagi upgrade memory pst menghilangkan segelx sy sarankan klu mau upgrade lbh baik upgradex di servis centre resmi merel tersebut biar aman garansinya sy yg sy tau

      Hapus
    7. iya gan saya juga belanja di lazad sebuah camera action seharga 469 ribuan. toh gan saya kecewa karna baru di pakai 3 hari pas hari ke 4 sudah rusak, rusak karna wifi ga mau connect / ga bisa di cari di smartphone wifi tersebut biasa nya ada, padahal udah nyoba sana sini msh ga bisa. walaupun murah seengga nya harus di layani dengan baik. al hasil jadi sampah dirumah tuh barang hihi

      Hapus
    8. iya gan saya juga belanja di lazad sebuah camera action seharga 469 ribuan. toh gan saya kecewa karna baru di pakai 3 hari pas hari ke 4 sudah rusak, rusak karna wifi ga mau connect / ga bisa di cari di smartphone wifi tersebut biasa nya ada, padahal udah nyoba sana sini msh ga bisa. walaupun murah seengga nya harus di layani dengan baik. al hasil jadi sampah dirumah tuh barang hihi

      Hapus
    9. tq baget info y agan2 sekalian. baru aja aku mau ikutan belanja di lazada. beli organ yg harga y 19 jt. iii ngeriiii. untung deh gue baca ni pengalaman semua. tq abiiiisss
      tutup aja tu lazada atau lapor polisi n bawa barang bukti. apa lagi ni saksi dan bukti banyak.tuntut aja. biar dibalikin 10 x lipat barang lo pade.

      Hapus
    10. kalau beli hp di lazada baca garansinya, kalau garansi resmi dari B-cell mending urungkan niat membeli HP.

      Hapus
  2. mantep sharingnya.... ayah jd berpikir berkali-kali mau beli bb di lazada, selisih harga lebih murah 300rb, tp memang blm termasuk ongkir. belumnya nyampe nya juga kapan hari gak tau....

    soo saya jadinya beli di BEC saja deh hehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di mana alamat praktek nya. Bole saya minta tolong. Sya capek jadi orang miskin, mau banyak uang tpi g usah kerja. Saya siap ngasih tumbal buat pesugihan nya yg penting kaya tanpa kerja.
      Dirumah ada 12 ekor Curut nyingnying silahkan jadikan tumbal semuanya saya relaa asal saya bisa tajir.
      Ini nomor saya, 08960227045696969 mohon di sms nnti kita janjian ketemuan di hotel yahh..i love you pull eemmuuaaacchhh

      Hapus
  3. Iya bner ayah.. Kalau bisa beli langsung, lebih puas lahir batin belu BB nya.. Hehehe..

    BalasHapus
  4. senang berbagi pengalaman dengan rekan-rekan sekalian. saya juga sering belanja di Lazada, cuman belum berani beli barang-barang elektronik yang dijual oleh merchant-nya dan saya juga belum berani membeli barang diatas harga Rp 500.000,00. Sejauh ini sih baik-baik saja, barang yang dikirim kualitasnya bagus. Kudunya Lazada juga memastikan bahwa merchant-nya adalah partner yang benar2 satu komitment dengan Lazada, yaitu memuaskan pelanggan. kalau ceritanya seperti rekan2 diatas, bisa dipastikan berapa lama umur Lazada. bisa-bisa pepatah berikut berlaku untuk Lazada "karena nila setitik, rusak susu sebelanga"

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga usah sok bela lazada lu, mw jd pahlawan kesiangan lu jek, ud tao byk komplain dr pembeli. jgn sok axis lu

      Hapus
    2. heh lu geblek, dia ga bela. dia bilang dia untungnya ga pernah ngalamin itu karena dia belom pernah beli barang elektronik dan kasih saran kudunya lazada bla bla. lo kalau mau ngehujat juga jangan goblok

      Hapus
    3. ketawa tu ngakak coi. bukan menung kayak photo. emeng lo lg beol y

      Hapus
  5. saya order n transfer dr tanggal 25 Feb sampai skrg ga ada kejelasan soal pesanan saya. MENGECEWAKAN gan pelayannya. Ini saya uda dipuncaknya kekecewaan saya karena sampai skrg ga ada kabar tuh orderan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf Sis,, cm dikit kasih bantuan.
      Pertama kmu siapkan kartu perdana simpati tuk menghub pihak lazada.
      Kemudian di tanya priahal ada apa menghub lazada, nah di situ baru jelaskan apa yg kmu keluh kan.
      Cara daftar paket telpon rmh. *999#
      Pilih telpon dan SMS.
      Pilih telpon rmh.
      Arifin paketnya cm Rp.1.250 dapat 20.000 lumayan bs terhubung dgn costomerservis.
      Dan ingat kita memiliki 100% jaminan uang kembali.
      Saya sering blanja di Lazada, semoga saja seterusnya tetap baik² saja.


      #tips

      Hapus
  6. ohh, brati memang bukan situs yang di percaya ya gan, walaupun ane juga pernah belanja online cuman buat beli set keyboard + mouse gaming, tp untungnya selamat sampai ke rumah :D, makasih gan atas share pengalamannya, smoga bermanfaat juga buat yang liat artikel agan satu ini :D

    Poker Online
    Agen Poker Online
    Poker Online Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah, kalau barang2 masih dibawah 200rb gpp deh.. Kalo udah juta2an, mending gak usah gan,, :D

      Hapus
  7. Saya sudah beli di Lazada 2 kali dan sangat puas... Eh yang ke tiga... TIDAK BISA COD...barang datang ...barang cacat sehingga tidak berfungsi 100%... retur minta penggantian barang...Barang yang dikembalikan ke saya ya barang yang rusak tadi dengan catatan QA kami menyatakan barang baik dan berfungsi dengan benar...komplain ke Lazada ...jawaban QA sudah memastikan sehingga barang dianggap baik... Loh alat pijat yang tidak bisa memijat karena pipa udaranya patah dibilang berfungsi dengan baik...penipuan lagi .... jadi pengalaman saya kalau tidak bisa COD hati 2 ... resiko ditangan pembeli.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks review nya gan,, jadi bahan sharing2 buat semua..

      Hati2 juga sama penjual abal2 yg jualan di lazada..

      Hapus
    2. cara returnya gmn sih ? aku gak bisa" nih.. kebetulan baru beli jam tangan dan talinya tdk sesuai speknya. ribet bgt returnya

      Hapus
  8. Kok gak bilang Kakak Ke-Empat .. Biar kita GAs kan aja .. Biar Kita Buat Berita nya di Website Tribun Medan.com .. biar smua org tau,,, biar kita share jg ke Tribun-Tribun Daerah lainnya Gan .. hehehehehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. ada kakak pertama dateng..

      sipp2..

      Hapus
  9. harusnya proses verifikasi suppliernya diperketat lagi, jadi gak sembarang supplier bias jual barang di lazda, dan harusnya barang kw/oem yang tidak bergaransi tidak boleh dijual disitu karena ada tulisan "100% jaminan asli " so be careful

    BalasHapus
  10. ini saya juga rencananya mau beli iphone 4s 32gb dilazada harga nya murah banget 2.445.000. saya juga agak takut setelah saya baca banyak pengalaman yang buruk terhadap lazada. harganya emang beda banget sama dipasaran. tapi saya tadi tanya ke lazada jika barangnya palsu bisa dikembalikan asalkan segel tidak terbuka. gimana ngecek nya coba ? hmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya jual hp ip 4s mba, 2,1 bisa nego. 32gb pemakaian normal dan sudah ios 9. Minat hubungin pin 7EDF236D makasih

      Hapus
  11. Wah sama nih kasus nya sama saya, saya beli iphone 5 Gb pas sampai di rumah saya buka dan saya hidup kan eh tu barang kagak mau hidup besok nya langsung saya kembalikan ke lazada dan sampai sekarang proses penggantiannya belum kelar2 sudah hampir satu bulan,
    Emang nih Lazada suka menipu di tanya ke CS nya melalui Live jawaban tidak ada yang sama di email setiap hari jug jawaban tidak ada yang sama, teman - teman mohon bantuan ada ngak cara atau proses agar barang saya bisa kembali cepat tks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang banyak modus mas..mending kita komplen saja..seharusnya toko online terbesar kayak gitu..gaboleh ada penipu2 kayak gitu..itu bisa ditindak lanjuti mas..

      Hapus
    2. lapor ke polisi aj langsung biar diproses. gt aj repot gusdur ahlinya

      Hapus
  12. Saya barusan terima barang dari lazada hari ini. Powerbank dellcell, tp skali di test, tuh pb kaga mau ngecas hp, trus ane coba cas juga ga bisa.. Ywd, ane pikir prosedur retur masih berlaku dunk..
    Trus abis ikutin prosedurnya yg harus isi form di lazada.co.id/returns trnyata link 'return' ga bisa diklik. Cuma ada garisbawah doank tp ga mau masuk.. Padahal link" sblahnya berfungsi normal..(bisa agan" test sendiri) Ane mulai curiga sama lazada. Makanya mulai search review soal retur yg bermasalah dan sampe ke blog ini..
    Ane cukup kecewa, padahal selama ini ud belanja banyak di lazada.. Tp baru x ini ktemu masalah..
    Itu aj sdikit sharing ane buat agan" yg mungkin berencana belanja di lazada..
    Agar lebih berhati" mskipun selama ini belanja fine" aj.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gan sering belanja di lazada y, boleh bantu isi kuesioner sy. https://goo.gl/forms/km3IRTWF62PFuqGc2 thank u much

      Hapus
    2. Gan sering belanja di lazada y, boleh bantu isi kuesioner sy. https://goo.gl/forms/km3IRTWF62PFuqGc2 thank u much

      Hapus
  13. Terima kasih untuk postingannya. jadi lebih hati2 dalam setiap berbelanja. salam sukses

    BalasHapus
  14. trims agan2 buat info dan tipsnya, jadi berfikir ulang nieh... klo ada yang dekat kenapa enggak... semoga dapat pahala atas info dan tipsnya...

    BalasHapus
  15. BUYER BEWARE:
    Maaf kalo terkesan menggurui, tp saya pengen share 3 analisis saya dari 2 case berturut2 menimpa saya di lazada. Pertama urusan pengiriman yang jauh lebih lama dari batas waktu kirim dan kedua produk yg saya terima rusak, tidak bisa dipakai dan komponen charger bukan peruntukannya a.k.a charger ori).
    Dalam case saya, letak masalah ada di:
    1. Sistem kontrol inventory seller. Tdk ada mekanisme untuk memastikan ketersediaan barang. Apa yg ada di website bukanlah kondisi aktual.
    2. Proses verifikasi barang yang dikirim oleh seller, seperti apakah sudah dibuka sealnya, diganti komponennya dll. Tdk ada pengecekan fisik di pihak lazada sbg mediator transaksi.
    3. Masalah customer service yang hanya terkesan meyakinkan di website. Respon nyata customer service sangat lambat dan normatif (tidak ada solusi), proses penggantian uang dan pengembalian barang dibuat teramat rumit untuk buyer.

    In a nutshell, kalo boleh jujur rate consumer protection di Lazada cuma dua dari lima. Tampak disini bisnis model Lazada hanya mengejar volume barang terjual saja. Terbukti banyak seller abal2 yang tetap dijadikan mitra Lazada. Harusnya ada mekanisme kompetisi sehat antar seller yang diimbangi dengan reward juga (seperti komisi lazada lebih rendah bagi seller dengan rate lima bintang). Lalu, testimoni buyer juga penting, bukan cuma untuk comment “thanks gan, barang udh diterima” tapi buyer berhak memberikan feedback ke seller ybs dengan basis ketepatan waktu pengiriman, kondisi barang, dll.

    Mudah-mudahan dari pihak Lazada ada yang baca kicauan saya ini, sehingga total lost of IDR 2,1jt saya bisa terobati dan tidak terulang lagi buat online shopper lainnya. Hiks..

    Reply

    BalasHapus
    Balasan
    1. lapor polisi aj, buat ap pusing2 lu mikirin 2,1jt lu.mw cpt lapor polisi bir di proses. buat ap jg u ngemis2 sm lazada.kyk pengemis aj lu

      Hapus
    2. Ana tasya ini ngomennya ngak pake otak yaaa... dasar idiot...

      Hapus
    3. eh lu anonim, bener kata ana tasya. 1 paragraf dari anastasya lebih pas. drpd 5 paragraf dari loe isinya mewek hahaha

      Hapus
    4. tau lu, kalau emang ngerasa ketipu ya bener kata ana tasya, lapor aja, lu mewek disini juga ga akan ngaruh ke barang lu yang lu pesen.

      Hapus
  16. Kalau saya masih belum berani belanja barang elektronik secara online.

    BalasHapus
  17. Kalo mau ngadu soal pelayanan yang gamemuaskan dari lazada tuh kemana ya? Bener bener ga ada kejelasan soal konfirmasi pembayaran saya

    BalasHapus
  18. Kalo mau beli barang cari dulu merchant nya itu jual online ditempat lain atau nggak, ada cpnya atau nggak, nah kalo udah yakin baru tranksaksi (y)

    BalasHapus
  19. Makasih sharingnya ya mas. Saya jadi bisa aware...

    BalasHapus
  20. wah jadi paranoid juga nih
    waktu itu ada di Lazada iPhone 5c harga 3 jutaan
    dan dari pihak ke-3
    sempat tertarik sih, tapi takut aja kejadian kayak agan

    BalasHapus
  21. Lazada oke kok. Saya melakukan transaksi dengan lazada alhamdulillah aman dan nyaman. Mungkin yang harus diperbaiki dari lazada adalah pelayanan dan profesionalitas untuk memberikan transparansi ketersediaan barang dari suplier. Karena sepertinya masalahnya terletak pada ketersediaan barang di tangan suplier. Saran saya, ketika kita memutuskan untuk membeli barang di lazada, pertama kali yang harus dilakukan adalah mengecek status supliernya. Terkadang di lazada tercantum stok tersedja di suplier, namun ketika dicek ulang di halaman web si suplier, barang tersebut sudah tidak tersedia. Jadi lebih baik pilih meneliti dahulu apakah suplier tersebut benar benar stok produk atau tidak. Terimakasih, semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  22. SAYA PEMESAN BARANG (327821812),,smartwatch2 seharga hmpir 2 jt tapi baru 2 hari pakai brang rusak bgitu saya periksa ternyata TIDAK ADA KARTU GARANSI dalam kemasannya...bahkan kemasan produk tidak mereka tampilkan di website karna hanya kotak mika seperti pajangan headset di counter hp...astaughfirullah...saya ada rencana untuk melaporkan hal ini ke fihak berwajib agar tidak ada lagi korban dari resseler tersebut..

    BalasHapus
  23. guys... saya juga baru saja punya pengalaman beli barang di Lazada sudah lebih dari dua bulan tidak datang2.. sudah enam kali tanya ke CSnya.. ngga ada solusi.. jawabnnya cuma "mohon sabar menunggu, kami sedang konfirmasi ke suppliernya". tiap kali juga janji akan mengabari lewat email dalam 3 hari kerja. tapi selama enam kali kontak CS itu, ga ada satu pun email dari LAzada.
    mereka ga bisa janjikan berapa lama proses investigasi. tiap ngobrol via chat bikin emosi, jawabannya templete aja.. ga kasih solusi
    kalau baca-baca komplain, ternyata banyak juga yg bermasalah. kayaknya kalao ga ada gugatan yang sifatnya class action.. ga akan ngaruh deh buat Lazada... menurut gua beberapa kasus jatohnya udah pada kasus penipuan..
    mungkin ga ya kalo temen2 yang merasa dirugikan oleh Lazada bareng2 lapor ke YLKI?

    BalasHapus
  24. sebaiknya mending langsung datang ke toko, belaja online memang selalu ada resiko, mulai dari proses pengiriman dan kondisi barang, lebih aman belanja offlone aja. lebih memumuaskan

    BalasHapus
  25. SAYA JUGA BARU BELI MESIN JAHIT.
    PENGEN WARNA PINK YG SESUAI FOTO DI LAZADA.TETAPI DATANG WARNA ABU ABU DACH.
    ABIS WA COMPLAIN,PIHAK LAZADA CM BILANG BOLEH PENGEMBALIAN BEGITU SAJA.PARAH DACH

    BERIKUT INI CHAT DI LIVE CHAT AMA CS LAZADA


    Saya: HI NAMA SAYA SARITA.
    TGL 18 AGUS 2015
    SAYA PESAN MESIN JAHIT MESSINA P5729 + 15 FEET.
    DI WEBSITE LAZADA HARUS NAYA WARNA PINK.
    KENAPA DATANG WARNA ABU ABU GITU.
    JADI BAGAIMANA INI.
    Just a moment...
    Saya: HI NAMA SAYA SARITA.
    TGL 18 AGUS 2015
    SAYA PESAN MESIN JAHIT MESSINA P5729 + 15 FEET.
    DI WEBSITE LAZADA HARUS NAYA WARNA PINK.
    KENAPA DATANG WARNA ABU ABU GITU.
    JADI BAGAIMANA INI.
    RK_Satrio: Hai, Selamat datang di Lazada.co.id
    Mohon informasikan pada tanggal berapa Bapak Agus menerima produk tersebut?
    Saya: TGL 23 SEKRANG SAYA BARU BUKA PRODUK NYA
    KOK DATENG WRN ABU
    SEEMENTARA SAYA MAU WRN NYA PINK
    TGL 23 AGUS SAYA TERIMA BARANG NYA
    RK_Satrio: Kami akan melakukan pengecekan, mohon ditunggu
    Saya: OKE
    RK_Satrio: Mohon maaf Bapak Agus untuk mempermudah kami dalam melakukan pengecekan mohon informasikan nomor pesanannya?
    Saya: NO PESANAN SAYA 313951546
    RK_Satrio: Kami akan melakukan pengecekan kembali, mohon ditunggu
    Saya: OKE
    RK_Satrio: Terima kasih telah menunggu Bapak Agus kami mohon maaf sekali atas ketidaknyamananya.
    Untuk pengembalian barang, mohon Bapak mengisi formulir pengembalian di lazada.co.id/helpcenter/return...
    Mohon mengirimkan produk tidak lebih dari 14 hari sejak produk diterima.
    Saya: UNTUK PENGEMBALIAN BARANG,ONGKIR DI TANGGUNG AMA SAPA
    RK_Satrio: Apabila pengembalian produk tersebut dianggap valid maka ongkos kirimnya akan dilakukan proses pengembalian danan
    Saya: DAN UANG YG SAYA BAYAR BAGAIMANA,
    JADI SAYA HARUS TUNNGU LAGI LAMA DONK
    DAN KLO TUKAR PRODUK YG SAMA TAPI WRN NYA MINTA PINK KIRA2 BISA GA
    RK_Satrio: Iya Bapak Agus dalam hal tersebut membutuhkan proses kembali Bapak
    Bapak dapat mencantumkan pada formulir pengembalian produk tersebut
    Saya: KALAU PUN BISA TUKAR AMA PRODUK YG SAYA INGINKAN.ONGKIR KIRIM PENGEMBALIAN AKAN DI KEMBALI KE SAYA GA,KRN ONGKIR NYA 88RB
    KENAPA SELLER NYA TIDAK DI CEK SIH SAYA MAU NYA WARNA PINK GITU..KOK JADI BEGINI KAN RIBET,LAGIAN BUKAN BARANG MURAH JUGA..SUDAH 1 JUTA KE ATAS.KALAU BEGITU KEDEPAN SAPA LAGI YG MAU BELANJ DI LAZADA TIDAK SESUAI DI GAMBAR.ASAL BANGAT
    RK_Satrio: Apabila pengembalian produk tersebut dianggap valid maka ongkos kirimnya akan dilakukan proses pengembalian dananya Bapak. Kami mohon maaf sekali atas ketidaknyamanannya
    Ada lagi yang dapat kami bantu?
    Saya: BALASAN NYA SELALU MOHON ATAS TIDAK KENYAMANAAN ANDA.
    APAKAH SEKARANG TIDAK BISA DI PASTIKAN ADA WARNA PINK GA DAN PIHAK LAZADA HARUS KASIH TAHU KEPADA PEMBELI KENAPA BISA SALAH KASIH WARNA BEGITU

    BalasHapus
  26. Sebenarnya belanja online paling mudah dan simple , tapi ya harus hati2 supaya tidak kena tipu

    BalasHapus
  27. Saya ga pernah ada problem belanja di Lazada :)

    BalasHapus
  28. Custumer itu bukan tempat sampah,saya BAYAR pke UANG.kenapa barang yg dikirim ke saya:
    1.barang palsu
    2.barang rusak
    3.barang bekas
    4.revi
    Proses pengembalian bertele2 dan makan bnyak waktu sampai berminggu2.sengajakah biar custumer malas mengembalikan barang krn prosesnya yang dibuat ribet?
    Wtf lazada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bner bgt. Itu itu dijadiin trik supaya customer akhirnya pasrah.

      Kalo saya mah terus sy uber2 tuh sampe selesai. :-bd

      Hapus
    2. Jd khawatir jg nieh td sih sebelumny aku ga coba chek, aku baru pertama pesan Dr lazada karena aku fikir pasti original dan liat iklanny di TV kayakny meyakinkan bgt lho. Udh terlanjur transfer baru baca ternyata lazada banyak masalah aduh ampun deh

      Hapus
  29. Jadi raguuu sm lazada..
    Jd worry .. mana sy td br transfer...

    BalasHapus
  30. Setelah hal sama belanja smartphone acatel di lazada tidak berfungsi untuk 2 slot sim operator untuk koneksi internet nya hanya bisa nelpon dan sms,untuk data internet hanya bisa diakses lewat wifi meskipun sudah setting sana sini
    Sdh komplain ke pihak lazada lewat customer servis nya dan di suruh mengembalikan setelah barang dikirim saya mau kirim email untuk kirim resi dan foto resi tiba dapat balasan dari pihak lazada barang pengembalian anda tidak dapat diproses karena alasan saya sudah membuka kotak.....hahahaa
    Nendi, Oct 28, 17:13:
    Dear Bapak Muhammad Zoelkifli,
    Terima kasih telah menghubungi Lazada.co.id,
    Sehubungan dengan keluhan Bapak Zoelkifli mengenai produk dengan nomor pesanan 324911186 yang akan Bapak kembalikan, kami informasikan bahwa untuk produk yang berasal dari program Flash Sale tidak dapat diproses pengembalian barang ke gudang kami jika kemasan telah dibuka. Mohon maaf atas ketidaknyamanan karena kami belum dapat membantu prosesnya.
    Untuk produk Alcatel Flash 2 - 16GB RAM 2GB yang mengalami kendala, kami sarankan Bapak untuk membawa ke Service Centre yang telah ditunjuk dengan membawa Invoice.
    Apabila Bapak Muhammad Zoelkifli memerlukan informasi lebih lanjut silahkan kunjungi alamat Layanan Konsumen kami di : www.lazada.co.id/contact/
    Hormat Kami,
    Nendi | Customer Service Associate | Lazada.co.id
    ...........
    Bagaimana bisa tahu saya/anda barang yang kita beli berfungsi tampa membuka kotak nya
    Jadi pikir 1000 x belanja di lazada
    Sampai saat ini barang masih belum kembali ke saya jadikan pengalaman saya pikir2 anda

    BalasHapus
  31. Aduh td aku transfer uang hampir 3 juta ke lazada beli injection whitening dgn nomer pesanan 319595456. Trs baca komentar temen2" di atas jd takut entar yg dikirim ga sesuai dgn pesanan Sy.. Coz Sy tinggal di Jakarta selatan dekat bgt ke kantornya yg di Rasuna , Sy baru transfer tadi malam jam 11 udh ga keburu tlp ke costomer service nya kan sampai jam 8 malam y kalau ga salah.. Semoga aja ga bermasalah atau lama sampai sebulan org td sy liat pertama ready Stock ada 4 item barangnya .. Jgn sampai sebulan deh gila aja ,kalau gt ini jd pelajaran pengalaman utk pertama x and terakhir belanja di lazada. Tapi mudah2an barang aku sampai deh, bsk aku tlp dlu kantornya kalau dia main2 Aku datangin entar buat malu ke kantornya

    BalasHapus
  32. Jadi laptop lenovonya udah bener? 😀😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah mbak, saya bawa langsung ke service center lenovo.

      Hapus
  33. hiks,, dulu awal baru baru nya lazada baik baik aja gan..
    eh pas pesenan kedua ane ini aaaaaa mau nangis rasanya tp susah.
    pesen jam AC lg discount gtu uda transfer malah ya sudah laaaah..

    BalasHapus
  34. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  35. bener gan. sangat mengecewakan beli di lazada. mending beli mahal dikit daripada emosi kena lazada

    Ini pengalaman saya
    http://vendyxiao.com/kecewa-belanja-di-lazada-co-id/

    BalasHapus
  36. Alhamdulillah, aman2 saja saya beli barang2 di lazada :

    Oxone Juicer 1,7 jt =>aman
    Vacum cleaner 300 rb an =>aman
    ZTE Blade A711 =>1,9 jt =>aman
    Meizu Note 2 =>1,9 jt => aman
    dll.

    Kalau menurut saya bisa jadi waktu penambahan RAM, ada komponen yg dituker oleh toko komputer tempat anda menambah RAM. Penambahan RAM selain outlet resmi kan membatalkan garansi,seharusnya anda tahu itu.

    notes:
    Black campaign di web/sosmed bisa dikenai pasal UU ITE

    BalasHapus
  37. Alhamdulillah, aman2 saja saya beli barang2 di lazada :

    Oxone Juicer 1,7 jt =>aman
    Vacum cleaner 300 rb an =>aman
    ZTE Blade A711 =>1,9 jt =>aman
    Meizu Note 2 =>1,9 jt => aman
    dll.

    Kalau menurut saya bisa jadi waktu penambahan RAM, ada komponen yg dituker oleh toko komputer tempat anda menambah RAM. Penambahan RAM selain outlet resmi kan membatalkan garansi,seharusnya anda tahu itu.

    notes:
    Black campaign di web/sosmed bisa dikenai pasal UU ITE

    BalasHapus
    Balasan
    1. Notes :
      1. Saya sgt faham itu. Makanya saya upgrade RAM Langsung di LENOVO ThinkShop Resmi. Saya jg g berani ke toko abal2. Nyatanya pernyataan saya ditolak mentah2 & barang yg rusak ttp tidak bisa dikembalikan.

      2.UU ITE memang ada. Tapi ingat, UU Perlindungan Konsumen juga ada.

      Alhamdulillah mas beli barang bagus semua. Mungkin suatu saat mas dehito nerima barang rusak & bisa merasakan bagaimana proses retur di Lazada. Apalagi dapet merchant yg abal2. Siap2 dah.. Hehehe

      Hapus
    2. Notes :
      1. Saya sgt faham itu. Makanya saya upgrade RAM Langsung di LENOVO ThinkShop Resmi. Saya jg g berani ke toko abal2. Nyatanya pernyataan saya ditolak mentah2 & barang yg rusak ttp tidak bisa dikembalikan.

      2.UU ITE memang ada. Tapi ingat, UU Perlindungan Konsumen juga ada.

      Alhamdulillah mas beli barang bagus semua. Mungkin suatu saat mas dehito nerima barang rusak & bisa merasakan bagaimana proses retur di Lazada. Apalagi dapet merchant yg abal2. Siap2 dah.. Hehehe

      Hapus
  38. Saya juga ada pengalaman buruk dengan Lazada. Tanggal 13 Desember 2015 saya order dan mendapatkan nomor pesanan 397912629. Tgl 14 Des saya transfer pembayaran. Setelah menunggu beberapa hari saya mendapatkan email bahwa pihak Lazada akan merefund pembayaran saya. Ketika saya tanyakan ke CS apa permasalahanya, mereka bilang ada kesalahan system mereka yaitu voucher yang saya masukan tidak berlaku untuk printer yang saya pesan. Pertanyaanya kalau memang voucher yang saya masukan tidak berlaku untuk printer yang saya beli, kenapa diterima saat pemesanan. Akhirnya Sabtu 19 Des saya mereply email pengisian pengembalian dana dan mendapatkan balasan kalau harus menunggu 3-7 hari kerja. Dengan kepercayaan penuh saya menunggu, tetapi sampai dengan tgl 4 Januari 2016 tidak ada pengembalian dana dari Lazada. Akhirnya saya menghubungi CS, katanya uang sudah ditransfer. Pas saya check rekening tidak ada masuk transferan. Kemudian saya telp lagi CS, katanya suruh menunggu 1-2 hari. Mulai dari sini saya sudah mulai mencium adanya ketidakberesan dari informasi yang saya terima. Setelah beberapa kali menghubungi CS akhirnya dapat email kalau pengembalian dana akan diproses per tanggal 11 Jan dan butuh waktu 3-7 hari kerja untuk realisasi pengembalian dana. Jadi sampai saya menulis uneg-uneg saya ini, saya belum menerima pengembalian dana sebesar 2,3 jutaan. Pertanyaan saya adalah: dari tgl 19 Des ketika saya kirim email untuk pengembalian dana, mereka ngapain aja? Kenapa tidak terhitung sudah mulai proses 3-7 hari? Kenapa musti nunggu ditelp dan baru sepertinya ditanggapi? Kenapa susah sekali mereka mentransfer uang yang jelas-jelas milik saya? Kesalahan ada di mereka, kenapa saya yang jadi korban? Kalau benar nanti setelah tgl 11 Jan baru akan diproses dan harus menunggu 3-7 hari kerja lagi, berarti uang saya hampir sebulan atau sebulan lebih ngendon di rek Lazada, apa maksud mereka dengan lamanya uang saya di rek mereka? Saya kapok dengan Lazada.

    BalasHapus
  39. Aku paling hobby belanja online dr baju sepatu tas jam alat rt dll. Nah skrng ini aku pngen beli kamera di lazada. Tapi pas baca ini wihhh ngeri banget ya klo sampe d kirim barang rusak dr lazada. Krn biasanya aku selalu belanja di qoo10 dan aman. Blm prnh blnja d lazada. Jd hrs bli dmn nih kameranya ya....

    BalasHapus
  40. Aku paling hobby belanja online dr baju sepatu tas jam alat rt dll. Nah skrng ini aku pngen beli kamera di lazada. Tapi pas baca ini wihhh ngeri banget ya klo sampe d kirim barang rusak dr lazada. Krn biasanya aku selalu belanja di qoo10 dan aman. Blm prnh blnja d lazada. Jd hrs bli dmn nih kameranya ya....

    BalasHapus
  41. Kalo mau beli barang di lazada tuh baca koment ato ratingnya barang tersebut biar gak ketipu,

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetap aja ketipu, saya nulis komen dan rating buruk gak pernah kelihatan, selalu disensor. cuma rating bagus aja yang diloloskan.

      Hapus
    2. hhaaaa....bener bener...berkali kali nulis review sesuai dengan kenyataan #buruk ga pernah dilolosin

      Hapus
  42. Saya jg sering belanja diLazada antara lain Xiaomi redmi 1s 2 biji, xiaomi yi 1 biji, asesoris hp dll. Baru kali ini saya mengalami ketidak biasaan prosedur. Saya membeli lenovo s5500, biasanya kl sudah transfer pagi/siang malam harivpasti ada email masuk mengenai pengiriman dan no resi. Tp kali ini smpe 3 hari tdk ada, malah ada pemberitahuan refund dana di menu pesanan saya bukan lewat email. Pengembalian dana sktar 3-7 hari kerja setelah pengajuan keBank(?), Saya pernah mengalami refund dana diQoo10 pengembalian dana cepat bgt secepat kita lg transer di mesin atm. Saya masih harap harap cemas

    BalasHapus
  43. Saya jg sering belanja diLazada antara lain Xiaomi redmi 1s 2 biji, xiaomi yi 1 biji, asesoris hp dll. Baru kali ini saya mengalami ketidak biasaan prosedur. Saya membeli lenovo s5500, biasanya kl sudah transfer pagi/siang malam harivpasti ada email masuk mengenai pengiriman dan no resi. Tp kali ini smpe 3 hari tdk ada, malah ada pemberitahuan refund dana di menu pesanan saya bukan lewat email. Pengembalian dana sktar 3-7 hari kerja setelah pengajuan keBank(?), Saya pernah mengalami refund dana diQoo10 pengembalian dana cepat bgt secepat kita lg transer di mesin atm. Saya masih harap harap cemas

    BalasHapus
  44. Hmm yang sabar ya gan buat laptopnya heheee
    Tapi buat yang bayar2 apapun online yg trusted di kita juga ada kok, langsung aja cek ya di www.serbabayar.com

    BalasHapus
  45. Saya juga pernah beli barang elektronik di toko online, rusak. Komplain abis pulsa banyak, udah balikin ga dikabar2in kapan beres. Digantung, sampe saya beli barang elektronik lain di toko online yang sama baru dibalikin barang rusak saya yang udah diperbaiki. Mungkin mereka ga mau modal ongkir lagi. Sejak itu, saya ga beli2 lagi barang elektronik di toko online. Kapok.

    BalasHapus
  46. Untungnya gw pesen smarthpone oneplusone seharga 4.500.000 udah 1 tahun masih awet awet aja =))

    BalasHapus
  47. Untungnya gw pesen smarthpone oneplusone seharga 4.500.000 udah 1 tahun masih awet awet aja =))

    BalasHapus
  48. yang sabar ya gan... makanya kalo mau beli apa apa harus di lihat dulu.... tapi kalo kamu gak mau repot. pesan lewat Layanan Diana(www.halodiana.com) aja, aman dan rekomendasi banget... untuk jasanya juga gratis... hehe

    BalasHapus
  49. yang sabar ya gan... makanya kalo mau beli apa apa harus di lihat dulu.... tapi kalo kamu gak mau repot. pesan lewat Layanan Diana(www.halodiana.com) aja, aman dan rekomendasi banget... untuk jasanya juga gratis... hehe

    BalasHapus
  50. الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ sering banget blanja di lazada n udh beli produk elektronik 6kali:
    bb Z30
    bb q10
    sharp blazter juicer blender
    alat catokan
    coffemaker sharp
    mini mesin jahit
    semua saya liat rating n reviewnya

    semuanya udh 1 tahunan msh awet

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya beli sharp blazter rusak dicoba ga bisa nyala,,,,
      bagaimana cara komplainya ya

      Hapus
  51. Pengalaman buruk banget ama Lazada. Nominalnya ga seberapa, tapi keselnya itu loohh.
    Pesanan gw no 363839448. Beli pulsa indosat 10 rebu kaga ditransfer2. Komplain dicuekin.
    Trus gw tulis di wall fb nya, baru deh ditanggepin via email. Tapi malah direfund,proses 7-14 hari kerja. Ya ampuuun, transfer pulsa 10 rebu aja susah benerrrr...
    Dalam no pesanan yg sama, gw beli Koko Krunch 1 pak. Eh, yang dikirim malah yg udah expired Januari 2016. Pantesss bau apek.
    Kezel banget, jadi konsumen kok yg dikirim sampah.

    Ini terakhir kalinya belanja di Lazada.
    Back to minimarket atau warung aja deh.

    BalasHapus
  52. betul sekali, saya beli power bank juga di lazada, barang rusak. Parah ni lazada.

    BalasHapus
  53. Ya ampun serem banget Laz*da tadi aku lihat tablet gambar rencana beli untuk kakak di deskripsinya "dikirim dari luar negeri" tanpa biaya tambahan apa-apa (pajak, bea-cukai, dll dsb) katanya dan harganya menggiurkan alamak kalau yang dikirimnya nanti barang rusak atau matot gimana mau minta ganti rugi ke siapa garansi aja gak ada katanya :( yang udah jadi korban lapor aja deh ke polisi kok banyak banget sih korban situs online ini sampe juta-jutaan lagi berapa tuh keuntungan haram yang mereka dapet??? Baru pertama kali buka nih situs dah trauma :/

    BalasHapus
  54. Pesan 4 unit wet suit utk diving di LAZADA pada bulan january 2016, sdh 2 bulan barang ga nyampe, trus sampai batas waktu yg ditentukan tdk jg diterima, aku komplain minta dana dikembalikan, eh.. malah di kasih voucher..aku ga mau voucher, aku cm mau uangku kembali utk brg-brg yg tdk aku terima..sampai detik ini, tgl 15 April 2016, uangku belum jg diterima..padahal katanya setelah isi form pengembalian dana, 1-7 hari danaku sdh kembali..bullshit LAZADA..i want my money back..!!

    BalasHapus
  55. kalian pada komplain sama siapa....? tidak ketemu ujungnya

    BalasHapus
  56. Saya Belanja di LAZADA beli Levi's 503, kenapa dilakukan pembatalan setelah 4 Hari kerja.. saya pesennya tanggal 1 Mei 2016 and per tanggal 4 Mei 2016 Pihak lazada membatalkan pesanan saya tersebut alasannya Barang telah habis terjual... klw mau melakukan pembatalan kenapa engga dari awal, pas melakukan proses transaksi.. sangat mengecewakan pelayanannya kaya gini... sudah menunggu lama, ternyata batal...kesel banget sama LAZADA..

    BalasHapus
  57. Belanja di Lazada gak beres, banyak berbelitnya, saya sudah belanja 2 kali sukses, yg ketiga tidak beres, sampai habis limit waktu pengiriman dan barang harus tiba selama 15 hari juga tidak ada barangnya, padahal saya sudah transfer dengan order ORDER # 343919568, tp oleh CSnya masih berbelit, sy sengaja sharing untuk bahan pertimbangan agar berpikir 1000 Kali untuk berbelanja di LAZADA, karena BANYAK RIBETNYA. SELLERNYA juga ADA yang TIDAK JELAS

    BalasHapus
  58. So far pengalaman saya belanja di lazada sih oke2 aja. Waktu event harbolnas saya belanja camdig fujifilm kondisinya oke dan sampai skrg alhamdulillah tdk ada masalah. Emg kalo belanja elektronik online mesti ekstra hati2 gan. Saya pun wkt nunggu barangnya cemas bgt takut barangnya ga sesuai ekspektasi, rusak di jln, blm lg kalo bermasalah pasti klaimnya ribet. Saya jg cm sekali itu belanja elektronik online, itu jg gara2 lg butuh. Gak mau lg krn utk urusan elektronik dan semacamnya saya lbh baik dtg ke toko lgsg, gambling bgt kalo mau online

    BalasHapus
  59. memang online shop sebesar apapun belum bisa memuaskan semua pelanggannya. pasti ada 1 atau 2 orang yang harus kecewa. Tapi bukan kejadiannya, justru penanganan masalahnya yang bikin pelanggan kecewa. yuk bagi pengalaman kamu berbelanja online di Grup Online Shoppers http://bit.ly/1Umlfov dan cek cara jitu berbelanja daring yang aman disini http://bit.ly/25EWtvq

    BalasHapus
  60. LAZADA not recomended Online Shop


    Pengalaman Pribadi saya kena pembatalan Sepihak di pesanan Nomor 378274418
    Yaitu emas (logam mulia) 3 gram senilai Rp. 1,621,710,-
    Dengan metode pembayaran BCA KLIK PAY yang bersumber dari rekening tabungan saya

    Order saya lakukan pada tanggal 12 Juni 2016 jam 14.03
    Ditanggal yang sama saya mendapatkan email bahwa pesanan saya ditolak
    WOW...
    Terus uang 1,6 juta saya bagaimana nasibnya ??????

    Saya langsung mengisi formulir pengajuan refund ke rekening tabungan BCA saya
    Lalu saya browsing di internet tentang pengalaman orang-orang dalam refund dana di LAZADA

    Setelah lama saya browsing saya mendapati kekhawatiran kalo dana saya tidak akan balik, karena di sana banyak yang menyebutkan bahwa dana mereka hingga berbulan bulan tidak balik !!!!!!

    Saya putuskan untuk perang dengan LAZADA sampai titik darah penghabisan

    Keesokan harinya saya telpon CS lazada
    Dan chat dengan cs lazada

    Saya ambil kesimpulan bahwa CS lazada Jauh dari Standard profesional

    Mereka menjawab pertanyaan seperti robot yang disetting
    Seperti manusia tuli yang pandai bicara

    Ada yang menyebut limit limit limit (secara saya ga pake kartu kredit kok doi ngomongin limit)
    Ada yang bilang proses pengembalian dana saya diproses sejak tanggal 13 Juni 2016
    Ada juga yang bilang proses pengembalian dana saya diproses sejak tanggal 14 Juni 2016
    Ada juga yang menyebutkan saya belom memberikan nomor rekening
    Ada juga yang bilang tinggal menunggu kebijakan Bank penerbit

    Sesi chat di jawab copy paste pake jawaban standard yang seakan akan seperti “Asal Jawab”
    Ada juga yang chat saya lama tidak ditanggapi, tiba tiba dia bilang karena sudah tidak ada jawaban maka sesi chat saya tutup.

    Saya telah menghubungi halo BCA di nomor 150088 sebanyak 3 kali pada tanggal 15 Juni 2016 sebanyak dua kali
    Dan pada tanggal 16 Juni 2016 sebanyak 1 kali
    Dan jawabanya sama transaksi BCA Klik Pay sudah berhasil dan sudah masuk ke rekening LAZADA

    Karena saya kesal dengan CS dan merasa ditipu... Kesabaran saya habis

    Saya terus chat dengan ngotot...
    Dan saya terus meneror lazada

    Akhirnya di tanggal 16 Juni 2016 saya mendapatkan dana saya lagi.
    Dengan melihat banyaknya kasus refund yangberbelit belit di LAZADA di internet
    Saya jadi menduga bahwa SOP bagian Finance di LAZADA sangat acak acakan
    Tidak ada prosedur yang baik di bagian finance lazada
    Mudah-mudahan ini bukan kesengajaan pihak finance lazada untuk memungut dana dari pelanggan yang “pasrah” atau “ikhlas” dananya diambil oleh lazada.

    Lumayan loh kalo misal 70 ribu kali 100 pelanggan saja sudah berapa ?

    Saya ambil kesimpulan :

    1. Pelanggan yang hanya biasa biasa saja, tidak akan mendapatkan dananya kembali dengan waktu yang cepat. Saya selama kurun waktu 5 hari bisa mengirim email kelazada lebih dari 30 email, telpon kelazada saya bisa 3 kali sehari dan sepanjang siang saya lakukan terus sesi chat dengan CS LAZADA jadi kejar terus, karena uang itu HAK anda, Apalagi kasus PEMBATALAN SEPIHAK. Itu 100% uang HAK anda. PERJUANGKAN !!!!!

    2. Cs lazada seperti robot, hanya bisa menjawab dengan jawaban yang sama, dan kadang tidak menjawab inti dari pertanyaan itu sendiri

    3. Finance LAZADA acakadul, Kemungkinan besar ga ada SOP di sana. Atau (semoga ga terjadi) ada permainan di sana.

    4. LAZADA rajin menagih tapi MALAS membayar dan terkesan tidak aktif, menyepelekan dan terkesan sengaja mengulur waktu pengembalian uang

    Saya membuat tulisan ini terinspirasi dari pengalaman pribadi, dan cerita orang-orang di internet yang saya merasa kasihan melihatnya.

    Nyari duit ga gampang.... perjuangkan apa yang menjadi HAK anda...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mari kita tuntut agar Lazada segera di proses hukum, lalu web nya di tutup, karena telah banyak merugikan konsumen...

      Hapus
  61. Kak, sebenarnya aku mau beli Xiaomi Redmi Note 3 PRO di Lazada,tapi takut kalo nanti barangnya yang udh sampai rusak atau gk lengkap, trus ada toko offline namanya Erafone...tapi masalahnya yg dijual di Erafone sama di Lazada itu beda...bedanya adalah kalau yang dijual di Lazada itu ram 3gb dengan rom 32gb, kalau di Erafone adanya cuman ram 2gb dengan rom 16gb..,,,aku sebenarnya mau yg ram 3gb rom 32gb tapi takut mau belinyaa....menurut kakak gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mending batalin deh, karena sy juga udah beli di lazada dapat ROM Fake, sampai saat ini proses retur (udah lebih dari seminggu belum beres2) jawabannya suruh tunggu terus..

      Hapus
  62. satu hal yang pantas utk diucapkan ke Lazada... KAMPREEEEEEEEET.....

    BalasHapus
  63. Wahh habis baca komplain kok banyak amat...jadi mikir 5 x jadinya mau order nie..mau beli speaker aktf polytron yg big band 5110..harga lumayan mahal..kalau gk sesuai repot juga... bisa bisa penyesalan yg ada

    BalasHapus
  64. saya juga sudah sering belanja di Lazada namun karena suka lupa password jadi sering ganti akun. Kalau pas belanja pertama di Lazada itu memang selalu memuaskan entah ngirimnya yang cepat atau ada diskon besar2an tapi semakin kebelakang bakal semakin berkurang kualitasnya entah packingnya yang makin buruk, barangnya lecet, proses retur yang susah. Tapi baru kali ini saya kecewa berat belanja di Lazada.

    Saya pesan barang sudah lebih dari seminggu tiba2 dibatalin sepihak dari sananya katanya barang tidak dijual di Jakarta padahal tidak ada keterangan seperti itu sama sekali di halaman produknya dan anehnya butuh waktu selama itu cuma buat ngebatalin pesanan saya yang seandainya dilakukan Lazada lebih cepat (maks 3 hari dari waktu saya pesan)ga bakal bikin saya sekecewa ini. Dan setelah saya lapor cuma dikasih permintaan maaf bahkan mengganti keterangan di halaman produk pun tidak dilakukan pihak Lazada. Sebaiknya memang belanja offline saja yang lebih pasti barang dan kualitasnya.

    BalasHapus
  65. ijin share gan,
    biar kalo belanja di lazada aman.
    1.jangan tergiur harga murah,kita harus tau harga pasarannya.misal kalo pasaran 1.5 trus kalo di lazada bisa 1jt itu udah pasti bermasalah entah seller nipu atau barang refurbished (tidak lolos uji pabrik)

    2.sebisa mungkin membeli produk yang dijual seller indo,soalnya pengalaman saya seller luar negri banyak yang nipu dan kadang barang kw atau palsu.Barang juga sampai lama jadi usahain beli di seller indo aja.

    3.beli di seller dengan ranting dan feedback yang baik

    3.yang paling penting nih BELI BARANG yang Bertuliskan DIJUAL&DIKIRIMKAN OLEH LAZADA.knp kok penting krn kalo barang bertuliskan dijual&dikirimkan lazada berati barang tersebut adlah barang yang dijual lazada sendiri atau barang dari titipan seller yang dikirim oleh lazada. Beda sama yang lain, klo gak ada tulisan tersebut maka pengiriman barang itu yang ngurus pihak seller jadi lazada gk bisa ngontrol saat pengiriman entah itu barang asli atau bukan.jadi utamakan barang yang dijual oleh lazada

    BalasHapus
  66. tadinya mau belanja laptop dell soalnya susah di daerahku tp ah mending langsung ke toko off ya

    BalasHapus
  67. Saya pernah juga ketipu, beli mesin jahit mini portable tp yang dateng blender manual plastik kecil yang kaya maenan anak-anak. Kecewa sih. Tapi untungnya pake COD dan itu di cek dulu sebelum kurirnya pergi. Jadi saran sih kalo mau order lazada mending cod terus jgn lupa ngecek pas barang dateng langsung depan kurirnya biar pas barang gak sesuai bisa langsung refund

    BalasHapus
  68. Makasih ga ud sharing, saya tdnya jg mau beli tv tp djual dn dkirim lngsug sama lazada. Kira2 aman ga ya?

    BalasHapus
  69. Hati2 lah belanja di lazada, saya pesan gendongan bayi.. yang dateng tas barbie..kampretooooooooooooozzz..mana ngembaliinnya berbelit2.. dianggep nyumbang aja ke lazadanya soalnya sampe sekarang gada kejelasan dan penyelesaian

    BalasHapus
  70. Halo,
    Apakah Anda secara finansial turun? mendapatkan pinjaman sekarang dan bisnis Anda menghidupkan kembali, Kami adalah pemberi pinjaman dapat diandalkan dan kami memulai program pinjaman ini untuk memberantas kemiskinan dan menciptakan kesempatan bagi yang kurang istimewa untuk memungkinkan mereka membangun sendiri dan menghidupkan kembali bisnis mereka tahun baru ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami melalui email: (gloryloanfirm@gmail.com). mengisi formulir Informasi Debitur berikut:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    silahkan mengajukan permohonan perusahaan yang sah.

    BalasHapus
  71. Kunjungi website kami yaa http://www.mvw-home.de/mediawiki/index.php?title=Barang_promosi777 Terimakasih

    BalasHapus
  72. bener banget, saya punya pengalaman hampir mirip di lazada, saya beli iphone 6 GB silver refurbish di lazada, tokonya AZ CELL !!!! kesalahan saya adalah terburu2 dan mudah tergiur dgn harga 5.1 jt,selang tepat satu bulan hp saya rusak, dimulai dengan muncul bintik2 si lcd nya, klaim garansi ternyata tidak dapat, belum reda hal tersebut akhirnya hp saya mati total, dan saya sudah berulang kali chat di costumer care nya tp tidak ada tanggapan. yg saya mau, walaupun uang saya tidak bisa kembali utuh, minimal pihak lazada menindak lanjuti si penual tersebut. saya dengar kabar dr temen saya, memang salah satu kekurangan lazada dibanding toko sebelah adalah, kita tidak bs komunikasi dgn penjualnya, memang bena, yg jd pelajaran jgn tergiur harga murah. dan jangan malas pergi ke tokonya. beware. karna unk penipu2, lazada bisa dijadikan sarang mereka bebas menjual barang2 tipuan!!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. SAMA GAN SAYA ORDER IP6 64gb, hasilnya layar kayak ada bekas keyboad gitu. Jadi ga jernih kaya layar2 yg sewajarnya gitu. Tp untung alhamdulillah nya masih bisa..

      Hapus
  73. itu gara" di upgrade memory nya gan jadi ada yg ga jalan, coba kalo agan terima memory aslinya aja ga bakal kaya gitu

    BalasHapus
  74. Hanya dengan minimal Deposit Rp 20.000,- kamu berkesempatan memenangkan hadiah Jackpot hingga puluhan juta. Tunggu apa lagi..
    Hanya di Aslibandar.net kamu mendapatkan Bonus Mingguan dan Bonus Double Referral 20% secara cuma-cuma.

    Daftar dan buktikan hadiah dari Aslibandar.net yang akan membuat kamu merasa puas di sertai Costomer Service yang ramah dan siap membantu anda para pencinta Poker Online Indonesia. !!!

    Untuk Info lebih lanjut silahkan hubungi kami melalui :

    * Ym: Aslibandar_Cs
    * Phone: 855976375885
    * Fb: AsliBandar
    * Skype: AsliBandar
    * Whatsapp: 85569776588
    * BBM: 2B3C34F4

    BalasHapus
  75. Halo, nama saya Dewi Rumapea, saya berasal dari indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu, saya merasa tegang secara finansial dan putus asa, saya ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman secara online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya menghubungi saya kepada pemberi pinjaman yang sangat andal yang disebut perusahaan pinjaman Glory, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sejumlah 500 juta dalam waktu kurang dari 3 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut saat memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya ajukan, dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan. Jadi saya berjanji akan membagikan kabar baik, agar orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, hubungi Ibu Glory melalui email: gloryloanfirm@mail.com.
    Anda juga bisa menghubungi saya di dewiputeri9@gmail.com saya

    BalasHapus
  76. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  77. Saya sangat menyesal belanja di LAZADA. Pesanan saya masuk tanggal 7 April 2017, janjinya tanggal 12-13 April 2017 diantar, tapi sampai saya kembali dari liburan, sekitar tanggal 25 April 2017, barang belum juga sampai. Ini saja saya mesti follow up ke live chat, kalau tidak, sampai LEBARAN KUDA juga pesanan saya akan terus menggantung tanpa ada kejelasan dan uang saya juga tidak akan kembali. Itupun pada LIVE CHAT pertama saya, tidak ada laporan masuk ke email seperti di market place yang lain. Setelah saya LIVE CHAT kedua dan menuntut adanya laporan untuk pembicaraan saya, barulah ada laporan ke email saya.
    Padahal saya hanya belanja sebesar Rp 77,000,- saja. Kalau belanja di market place yang lain, begitu pesanan tidak ada kabar sampai batas waktu yang ditentukan, uang akan otomatis kembali. Ini kalau saya tidak follow up, sampai hari ini, uang saya juga belum dikembalikan. Benar2 mengecewakan.. Hanya uang sebesar Rp 77,000,- saja mau diembat, apalagi yang jutaan. Semuanya, HATI-HATI BERBELANJA DI LAZADA.CO.ID

    BalasHapus
  78. Halo Setiap Satu, nama saya wanita Jane alice dari Indonesia, dan saya bekerja dengan bersatu bangsa kompensasi, dan kami telah mendengar dan juga membuat pinjaman dari perusahaan pinjaman, saya cepat ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia yang mencari pinjaman di internet sangat berhati-hati untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak lender kredit palsu di sini di internet dan beberapa dari mereka adalah asli dan nyata, aku ingin meluncur kesaksian tentang bagaimana Tuhan menuntun saya untuk pemberi pinjaman dan Pinjaman nyata genue telah mengubah hidup saya dari rumput rahmat, setelah saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman kredit di sini di internt, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran, isurance, pajak, dan setelah pembayaran saya masih tidak mendapatkan saya pinjaman. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah scammed kali uang tanpa mendapatkan pinjaman dari perusahaan mereka sehingga saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari online genue kredit pemberi pinjaman yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk menghubungi seorang teman saya yang baru-baru mendapat pinjaman online, kita membahas kesimpulan kita tentang masalah dan dia bercerita tentang seorang wanita yang disebut Mr Dangote yang merupakan CEO dari Dangote Pinjaman Perusahaan. Jadi saya diterapkan untuk jumlah pinjaman (Rp400,000,000) dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak merawat usia saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya ingin menggunakan uang itu untuk membangun bisnis dan pinjaman saya disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan pada transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah pendaftaran pinjaman, sudah disimpan ke bank dan mimpi saya datang melalui. Jadi saya ingin saran yang membutuhkan genue panggilan pinjaman cepat sekarang email di Dangotegrouploandepartment@gmail.com. dia tidak tahu bahwa aku melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia untuk hal-hal baik yang telah dilakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di ladyjanealice@gmail.com hari yang indah lebih info..

    BalasHapus
  79. Halo, nama saya Yusi Retnowati dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang disini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak kreditur pinjaman palsu di internet, tapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah scammed oleh 8 kreditur pinjaman yang berbeda, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam prosesnya karena saya ditangkap oleh orang-orang karena berhutang.

    Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang mengenalkan saya kepada pemberi pinjaman pinjaman asli dan perusahaan yang sangat andal yaitu Karen Mark Financial Loan Company yang mendapat pinjaman saya sebesar 500 juta rupiah Indonesia (lima ratus juta rupiah di Indonesia) Kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa ada penundaan atau kekecewaan, jadi saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik tersebut sehingga orang dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Ibu Karen Mark

    Saya ingin Anda mempercayai Ibu Karen Mark dengan sepenuh hati karena dia sangat membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, hubungi perusahaan melalui email: (karenmarkfinancialloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya, jika Anda merasa kesulitan untuk mengajukan pinjaman dari perusahaan. (Yusiretnowati010@gmail.com). Tuhan tolong dan hati-hati

    BalasHapus
  80. artikelnya menarik kak, bermanfaat sekali. oh iyaa,, saya juga mau kasih tau info menarik nih kak => SERVICE MACBOOK IMAC MAC PRO IPHONE IPAD IPOD DI SEMARANG DEMAK UNGGARAN KENDAL Zapplerepair pengerjaan di tempat. Zapplerepair memberikan jasa service onsite home servis pengerjaan di tempat khusus untuk kota Jakarta, Bandung dan Surabaya dengan menaikan level servis ditambah free konsultasi untuk solusi di bidang data security, Networking dan performa yang cocok untuk kebutuhan anda dan sengat terjangkau di kantong" anda http://onsite.znotebookrepair.com

    BalasHapus
  81. Halo semua,
    Nama saya nur syarah kota Bogor di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran kepada semua orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, sehingga banyak kreditur pinjaman di sini adalah scammers dan mereka hanya di sini untuk menipu Anda dari uang Anda. , Saya mengajukan pinjaman sekitar 150 juta dari seorang wanita di Filipina dan saya kehilangan sekitar 10 juta tanpa mengeluarkan pinjaman, mereka berkali-kali meminta bayaran, saya membayar hampir 10 juta uang jadi saya tidak mendapat pinjaman, disana Saya menunjukkan kepada saya sekitar 2 kali dari dua wanita yang berbeda di Filipina, saya harap saya akan bertemu dengan orang yang tepat, tapi ternyata tidak.

    Tuhan menjadi kemuliaan, saya bertemu dengan seorang teman yang baru saja mengajukan pinjaman, dan dia mendapat pinjaman tanpa tekanan, jadi dia mengenalkan saya kepada Mrs. Margaret pedro, CEO Margaret, perusahaan pinjaman pedro, dan saya mengajukan 420 juta, saya Anggap itu adalah lelucon dan kecurangan, tapi saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya 2% tanpa agunan. Saya sangat senang karena saya selamat dari kemiskinan.

    Jadi saya saran semua orang di sini yang membutuhkan pinjaman untuk dihubungi
    Mrs Margaret pedro melalui email: margaretpedroloancompany@gmail.com

    Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: nursyarah36@gmail.com

    Sekali lagi terima kasih untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran

    BalasHapus
  82. BERITA BAIK BERITA BAIK BERITA BAIK !!!

    Halo semua, saya Fatma dari Indonesia. Saya menyarankan Anda semua di sini tidak mengajukan pinjaman untuk perusahaan atau pemberi pinjaman di situs ini, sebagian besar perusahaan di sini adalah palsu, pembohong dan penipuan, dan juga beberapa kesaksian di sini adalah palsu, mereka adalah orang yang sama yang melakukannya. . Karena itu, hati-hati jangan sampai jadi mangsa rekan-rekan dari Indonesia. Saya ditipu empat kali sekitar Rp 200.000.000 untuk biaya registrasi, biaya transfer, biaya pajak dan biaya asuransi, setelah pembayaran ini saya tidak mendapatkan pinjaman saya, tapi mereka meminta saya untuk membayar lagi dan lagi. Ini akan menarik minat anda untuk Ketahuilah bahwa ada undang-undang hukum keuangan atau peraturan biaya ini untuk mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman atau undang-undang perusahaan. Dia bersyukur bahwa saya kemudian menerima pinjaman cepat sebesar $ 100.000 dari perusahaan yang teman saya mengenalkan saya. Perusahaan pinjaman yang sebenarnya dan terpercaya (THERESA LOAN COMPANY). Mereka sekarang menjadi perusahaan terbesar di AS, Eropa dan seluruh Asia. Misi dan komitmen kepada Anda Theresa Loan Company didedikasikan untuk memfasilitasi impian dan membantu kita semua yang telah scammed dan curang dalam proses mendapatkan pinjaman segera, memberi Anda layanan kelas dunia. Perusahaan Pinjaman Theresa atau agen pinjaman tahu bagaimana rasanya berada di posisi Anda dan mereka berusaha keras untuk tidak melupakan perasaan itu. Mereka akan mendapatkan kepercayaan Anda dengan mengkomunikasikan kepada Anda informasi yang perlu Anda ketahui, kapan Anda perlu mengetahui dan berhak memberikan pinjaman (bisnis atau pinjaman pribadi) dan layanan keuangan.

    Saya sangat bersemangat untuk membantu negara saya mendapatkan pinjaman dari penipuan dan segera, email saya adalah (feyzilfatma@gmail.com) atau (martinimarais1986@gmail.com)

    Hubungi saya atau (theresaloancompany@gmail.com) untuk informasi lebih lanjut, saya siap membantu. Tuhan memberkati kalian semua.

    Harap Catatan: Tidak ada biaya pendaftaran, tidak ada biaya, tidak ada pajak, tidak ada asuransi. Tuhan memberkati kita semua.

    BalasHapus