Mengatasi "Error 1 Two output file names resolved to the same output path" pada VB.NET

Kesel bercampur bingung menyatu menjadi 1 ketika enak-enak ngoding, tiba2 muncul error begitu. Cari-cari petunjuk di google gak kunjung ketemu.

 
Apa agan-agan sekalian punya problem yang sama ?.. kalau iya, berarti gak usah pake bingung lagi, soalnya saya akan ngasi tau cara menangani error "ngeselin" yang 1 ini... hehehe..
 
ASAL MUASAL
Mungkin banyak yang kebingungan kenapa kok "tiba-tiba" bisa error ya ?... INGAT! di dalam computer tidak ada yang tiba-tiba gan.. semua terjadi pasti ada sebabnya. Biasanya ini terjadi ketika kita me-rename salah satu form. Sehingga resource dengan nama lama masih tersimpan.
 
Ketika nama yang baru akan di build, nama baruakan otomatis mendaftarkan diri di resource. Sehingga VB.NET mendeteksi ada 2 form yang sama. Padahal itu hanya 2 nama (nama lama & nama baru) padahal form nya masih sama.
 

LALU HARUS NGAPAIN ?
Yuk ikuti langkah-langkah berikut :
Dalam hal ini masalahnya timbul karena saya me-rename form utama yang ya beri nama "frm_Menu" dan saya rename menjadi "MenuUtama". Sebelum memulai, sebaiknya kamu save & tutup dulu VB.Net Kamu.
 
1. Buka folder project kamu.
 
2. Buka 1 folder lagi yang berisi form-form project.
 

3. Kemudian cari file ber-ekstensi .vbproj

4. Klik kanan, klik edit (nantinya akan terbuka melalui notepad). Saya sarankan kamu menginstall Notepad++ agar mengeditnya bisa lebih mudah.

 
 
5. Setelah Terbuka, (dalam kasus ini saya mengedit menggunakan Notepad++) cari kata <EmbeddedResource Include= Kemudian  kamu akan menemukan daftar seluruh form-form yang kamu gunakan di dalam project kamu
 
 
6. Kemudian cari form yang tidak terpakai lagi. (Dalam kasus ini saya akan membuang resource form bernama "Frm_Menu - Copy.resx" karena sudah saya ganti menjadi MenuUtama.resx.
Perhatikan bagian yang dibuang !. Mulai dari <EmbeddedResource Include=...... Sampai dengan <EmbeddedResource>
 
 
7. Kemudian save.
 
SELESAI
 
Mudah kan ?.. Simple kok.. sekarang coba kamu jalankan lagi Project VB.Net nya. & sekarang dijamin error yang tadi sudah lenyap. :)
Semoga membantu.. Kepp Calm & Coding ;)
 

Jangan lupa kasi tau saya di comment kalau kamu berhasil yaa.. hehehe...
& jika masih ada yang kurang jelas, silahkan ditanyakan.


Subscribe for latest Apps and Games


0 comments:

Posting Komentar