Pesona Pulau Badalu, Sumut. Terumbu Karang Bisa Dilihat Langsung Tanpa Snorkeling

Perjalanan 10 jam dari Kota Medan ke Tapanuli Tengah menghabiskan liburan akhir tahun, digoyang ombak selama 1,5 jam dari lokasi penyeberangan Pantai Kalangan, akhirnya pasti terbayar. Sesampainya di tujuan, mata akan melihat pemandangan terumbu karang tampak jelas di kedalaman air yang hijau bening di sekitaran Pulau Badalu, yang berada di kawasan kecamatan Barus, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.


Bergerak ke tengah lautan menikmati keindahan alam bawah laut menggunakan alat snorking atau perlengkapan diving adalah yang paling pas menyambangi pulau ini. Wisatawan disajikan pemandangan aneka ragam bentuk dan warna terumbu karang serta aneka macam ikan berwarna indah di tambah kehadiran ubur-ubur dan penyuh yang sesekali keluar dari permukaan laut. Karang-karang seperti sengaja menampakkan diri mulai dari bibir pantai hingga sekitar 100 meter dari di segala penjuru pantai membuat kapal wisata yang lewat tak bisa menahan diri untuk langsung melompat . Kian ke tengah pantai, air laut berwarna biru bergradasi menjadi warna hijau.

Berpadu dengan pasir berwarna putih bak kilauan permata yang diselimuti air laut. Lengkap, wisatawan dibuat tak bisa beranjak pulang. Bagi anda pecinta snorking wajib menyelami kecantikan wisata lautnya pulau Badalu. Taman terumbu karang di kepulauan Mursala ini sendiri sudah menjadi salah satu target tempat konservasi terumbu karang yang dilakukan Coremap (Coral Reef Rehabilitation and Management Program) - sebuah lembaga yang dinaungi oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) dan Dinas Kelautan dan Perikanan untuk menjaga kelestarian terumbu karang. Bagi anda yang tidak bisa berenang juga tak perlu khawatir, karena karang tidak hanya berada di kedalaman air yang dalam, tapi juga bibir pantai yang hanya sekitar setengah meter dari permukaan laut. Jadi siapkan kamera anti air anda atau kamera action seperti Gopro untuk menemani pertualangan anda di bawah laut.

Destinasi pulau Badalu menjadi paling populer karena wisata bawah lautnya menawarkan pemandangan ikan kecil warna-warni, kerumbu karang nan mempersona, aneka tumbuhan bawah laut lainnya yang kaya akan warna memancarkan cahaya yang membuat pecinta snorking dibuat tidak akan menyesal.


Jika wisatawan yang tertarik untuk menyelam juga disarankan agar menggunakan perlengkapan diving agar aman saat berada di bawah laut, baik itu untuk tubuh khususnya kaki saat mendekati karang. Jika hanya bermodalkan kacamata renang atau alat snorking juga bisa tapi sebaiknya, melakukan penyelaman di area kedalaman laut yang memiliki kedalaman 2-3 meter agar masih bisa mengambil nafas.

Bagi yang tidak bisa berenang, bisa juga di area bibir pantai, tapi harus berhati-hati saat melangkah agar tidak menginjak terumbu karang. dan gunakanlah sandal agar kaki tidak terluka kena ujung karang yang tajam. Awak kapal yang biasa mengantarkan penumpang menuturkan jenis ikan yang berdiam di bawah laut pulau Badalu pun lumayan banyak, dari mulai Moorish Idol, Butterfly Fish, Angel Fish, Anthias, bahkan sampai Lion Fish dan nimo pun juga ada. Namun biasanya ikan keluar tergantung musim dan cuaca sehingga wisatawan harus tahu dulu bulan yang pas untuk melihat ikan di bawah laut sekitaran pulau Badalu. Di sekitaran pulau tidak ada penginapan, hanya beberapa rumah penduduk yang bisa dipakai untuk homestay.

Hal itu yang sering menjadi masalah, sehingga wisatawan banyak memilih pulang sebelum menjelang petang atau camping di pulau. Jika tak ingin ribet, ada jasa trip wisata yang membuka tour kepulauan Mursala yang bisa anda ikuti agar tidak kesulitas mencari homestay atau mengatur jadwal tour agar semua pulau dapat tereksplore. Biasanya trip wisata kepulauan Mursala membuka tour untuk liburan natal dan tahun baru.

Dengan biaya sekitar 1,2 hingga 1,7 dengan fasilitas sudah mendapatkan penginapan home stay di pulau Kaban Barat, sewa kapal selama 2 hari, bus dari Medan ke Sibolga, serta makan dan bonus wisata ke pulau-pulau sekitar Kepulauan Mursala. Yovie Ricard, Trip Wisata Jelajah Sumut menuturkan, pihaknya menawarkan jelajah objek wisata pulau yang belum terekspose. Perlengkapan yang tidak boleh anda lupakan jika ingin mengunjungi Pulau Badalu adalah sunblock. Pasalnya terik matahari bisa membakar kulit anda.

Kemudian siapkan lotian anti nyamuk untuk melindungi kulit anda dari gigitan serangga hutan yang cukup berbahaya dan bisa menyebabkan malaria. Tidak ketinggalan, topi, kacamata, baju diving atau minimal baru renang dan alat snorking serta bekal dan snack selama di pulau.


Untuk mencapai kepulauan Mursala, anda harus melewati rute Medan-Tebing Tinggi-Parapat-Pematangiantar-Kisaran-Tapanuli Utara-Sibolga jika ingin mengendarai mobil pribadi atau carteran.
Di sana ada pantai Kalangan, lokasi penyeberangan menuju kepulauan Mursala yang bisa anda titipkan mobil dan bus. Jika memilih naik bus, anda bisa memilih bus di terminal Amplas jurusan Sibolga atau terminal Sisingamangaraja.

Jika anda memiliki budget besar, bisa juga dengan naik pesawat dari bandara Kualanamu di Deli Serdang dan transit di Bandara Silangit Tapanuli Utara dan naik bus jurusan Sibolga selama 2 jam.

Gimana ?.. tertarik jalan2 bareng saya ke Badalu Island ? Yok...!

Subscribe for latest Apps and Games


0 comments:

Posting Komentar