Kirim-Kirim Foto Via BBM VS LINE, Mana Yang Terbaik ?

Semua yang punya smartphone, pasti sering kirim-kirim foto. Walaupun gak sering, setidaknya "pernah lah ya.." hehe. Pas jalan jalan ataupun hangout bareng temen2.. pas dapet moment.. ganteng dikit jepret.. ganteng banyak jepret.. Upload.. Upload.. Hahaha... Abis foto-foto pake HP temen pasti minta kirimin kan ?..


Namun tahukah kamu ?.. banyak pengguna smartphone kebingungan sebaiknya mengirim foto melalui LINE atau BBM ?.. mana yang terbaik ?.. Ada yang bilang lebih bagus LINE, karena BBM gambarnya pecah. Ada yang bilang BBM lebih baik karena kalau di LINE, resolusinya terbatas.

Gak usah pusing.. Yuk kita bahas. !

1. BBM
Banyak yang bilang kirim foto jangan dari BBM.. Pecah.. Karena file nya dikompres oleh server BBM nya..sehingga gak bisa diperbesar. Tapi tahukah kamu di BBM punya fitur Request HD ?

Perhatikan tombol yang dilingkari merah.
Request HD adalah fitur yang memungkinkan pengguna BBM untuk mengirim file aslinya ke penerima. Jadi berapapun besar file nya, akan dikirimkan tanpa merubah resolusi asli file foto, maupun mengubah meta data dari file foto tersebut.
Contohnya saya akan mengirim 1 file foto ke teman saya. Setelah dia menerima request HD, maka properties dari file foto yang diterimanya adalah sebagai berikut :


Dari file diatas kita lihat file foto yang dikirim ber resolusi 5312x2988px dan yang diterima melalui Request HD juga benar2 seperti ukuran aslinya. Meta Data yang ada di file foto juga tidak berubah. Persis sesuai file aslinya.

2. LINE
Banyak yang bilang kirim foto via LINE lebih baik karena gambar terlihat tidak pecah. Apa benar ?.. mari kita coba. Kali ini saya akan mengirimkan foto yang sama ke HP teman saya, & kita properties filenya :


Coba lihat ukuran file setelah diterima : berubah menjadi 720x1280px. dan hanya berukuran 171KB. Sementara file aslinya beresolusi  5312x2988px dan berukuran 7,50 MB. Dan di LINE, saya belum ada menemukan fitur mirip "Request HD" nya BBM. Itu artinya, LINE sudah mengkompres file foto tersebut.

Dan disini juga kita lihat meta data dari file foto itu sendiri sudah berubah. Tidak ada lagi info difoto pake kamera apa, flash nya, focal length nya, aperture nya, semua informasinya hilang.

KESIMPULAN
Dari pembahasan & praktek yang sudah dilakukan, saya simpulkan bahwa kirim-kirim file foto LEBIH BAIK MENGGUNAKAN BBM.
  • Jika kita mengirim file foto menggunakan LINE, maka si penerima akan menerima file yang SUDAH DIKOMPRES dengan ukuran tertentu. Meta data dari file foto juga sudah dirumah oleh aplikasi LINE
  • Jika kita mengirim filefoto  menggunakan BBM, maka si penerima akan menerima 1 FILE UTUH TANPA MERUBAH APAPUN DARI FILE ASLI nya. Artinya si penerima akna mendapatkan file asli, dengan resolusi asli, & meta data juga tidak berubah karena notabane nya file yang diterima adalah file asli seperti apa yang ada di smartphone si pengirim.
Gmn sobat2 ?.. udah paham kan ?..
Mudah2an infonya berguna yaa.. ;)

Subscribe for latest Apps and Games


6 comments:

  1. oh jadi lebih baik lewat bbm ya... thank you infonya gan

    BalasHapus
  2. Thanks infonya gan, jadi lebih tahu sekarang

    BalasHapus
  3. gimana kalo via whatsapp? lebih baik mana dengan line?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ane gak pake whatsapp gan.. buat apa install whatsapp kalo temen² udah punya BBM & line.. kan jadinya cuma ngebebanin RAM :)

      Hapus
    2. ane gak pake whatsapp gan.. buat apa install whatsapp kalo temen² udah punya BBM & line.. kan jadinya cuma ngebebanin RAM :)

      Hapus